Apakah Mau makan sehat dan jaga agar pinggang anda langsing?
Cobalah meraih lebih banyak sayuran buah dan non-tepung, saran penelitian baru.
Sebuah tim ilmuwan Harvard melihat data lebih dari 133.000 wanita Amerika dan
pria yang diikuti hingga 24 tahun.
Setelah menyesuaikan diri dengan faktor gaya hidup lainnya
seperti merokok dan aktivitas fisik, para periset menemukan bahwa asupan asupan
buah-buahan dan sayuran non-pati terus meningkat, risiko kenaikan berat badan
yang berlebihan turun.
Namun, konsumsi sayuran bertepung - makanan seperti kentang,
jagung dan kacang polong -
dikaitkan dengan penambahan berat badan, kata sebuah
tim yang dipimpin oleh Monica Bertoia dari
Harvard University School of Public
Health dan Brigham and Women's Hospital, di Boston.
Temuan ini tidak bisa membuktikan hubungan sebab-akibat.
Namun, penelitian ini mungkin "memberikan panduan khusus makanan untuk
pencegahan obesitas, faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, penyakit
kardiovaskular, kanker dan banyak kondisi kesehatan lainnya," kata periset
tersebut.
Ahli gizi tidak terkejut dengan temuannya.
Erin Keane adalah ahli gizi terdaftar dan asisten manajer
nutrisi klinis untuk pasien rawat jalan di Lenox Hill Hospital di New York
City. Dia mengatakan bahwa perbedaan antara sayuran bertepung dan sayuran
non-pati berkaitan dengan apa yang dikenal sebagai "muatan glikemik."
"Beban makanan glikemik yang lebih rendah diperkirakan
menghasilkan lonjakan glukosa darah yang lebih sedikit, yang dapat menurunkan
rasa lapar dan berpotensi mengurangi asupan kalori total selama sehari,"
Keane menjelaskan.
Sayuran yang diklasifikasikan sebagai glikemik rendah meliputi
brokoli, kembang kol, kubis, kubis Brussel, kangkung, chard, bayam, selada
romaine, tahu / kedelai dan paprika, kata Keane.
Sayuran beban glikemik tinggi - termasuk kentang dan jagung
yang mengandung pati - mungkin kurang sehat dalam hal penambahan berat badan,
katanya.
Serat mungkin penting juga: Keane mencatat bahwa sayuran
berserat tinggi juga terikat pada kontrol berat badan yang lebih baik saat tim
Harvard memperhitungkan asupan kentang.
Sedangkan untuk buah, buah beri dengan kadar glisemik rendah
ternyata memiliki dampak terbesar dalam hal menjaga berat badan berlebih,
katanya.
Keane menekankan bahwa penelitian ini berfokus pada orang
dewasa yang sehat, berpendidikan putih dan berpendidikan tinggi, jadi
"kita tidak dapat menggeneralisasi temuan ini ke semua individu."
Pakar diet lain mengatakan bahwa memakan banyak buah dan
sayuran selalu merupakan ide bagus.
"Makanan kaya serat, seperti banyak yang dievaluasi
dalam penelitian ini, membantu mengendalikan rasa lapar dan menjaga tingkat
gula darah tetap stabil - dua elemen yang dapat membantu memperlengkapi
penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan yang sehat," kata Dana
Angelo White, asisten klinis profesor latihan atletik dan kedokteran olahraga
di Quinnipiac University di Hamden, Conn.






0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.