Pecinta pasta punya alasan untuk merayakan kemarin, karena berita utama menyatakan bahwa karbohidrat yang sering-kerasukan bisa "membantu Anda menurunkan berat badan." Tapi apakah andalan masakan Italia ini sangat bagus untuk pinggang Anda?
Judulnya mengacu pada meta-analisis baru, yang diterbitkan kemarin (3 April) dalam jurnal BMJ Open, yang menemukan bahwa makan pasta tidak dikaitkan dengan kenaikan berat badan ketika dikonsumsi sebagai bagian dari diet "glikemik-indeks rendah" . (Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah melepaskan gula secara perlahan ke dalam aliran darah. Pasta memiliki indeks glikemik yang relatif rendah dibandingkan dengan biji-bijian olahan lainnya, seperti roti putih.)
Para peneliti menganalisis data dari 29 penelitian dengan total hampir 2.500 orang yang mengonsumsi pasta sebagai bagian dari diet rendah glikemik atau mengonsumsi karbohidrat lain yang memiliki indeks glikemik lebih tinggi. Setelah sekitar 12 minggu, mereka yang berada di kelompok pasta kehilangan, rata-rata, sekitar setengah kilogram, atau 1,1 lbs., Dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi karbohidrat lain.
Tetapi temuan baru bukanlah undangan untuk makan pasta. Untuk satu hal, orang-orang di kelompok pasta tentu tidak melakukannya. Sebaliknya, mereka, rata-rata, 3,3 porsi pasta setiap minggu - dan satu porsi sama dengan sekitar setengah cangkir pasta yang dimasak.
Selain itu, para peneliti menekankan bahwa temuan hanya berlaku untuk pasta yang dimakan dalam konteks diet rendah-glikemik-indeks. Apakah temuan baru "akan bertahan dalam konteks pola diet sehat lainnya, seperti pola diet Mediterania dan vegetarian, tidak jelas," para peneliti menulis dalam makalah mereka. [9 Makanan Ringan: Sehat atau Tidak?]
Terlebih lagi, para peneliti mencatat bahwa jumlah penurunan berat badan yang terlihat dalam penelitian ini kecil dan itu tidak jelas apakah orang akan menjaga berat badan ini dalam jangka panjang.
Heather Mangieri, seorang ahli gizi terdaftar dan konsultan nutrisi di Pittsburgh, yang tidak terlibat dalam penelitian itu, mengatakan bahwa hasilnya tidak mengejutkannya. Meskipun pasta dan karbohidrat lain memiliki "reputasi buruk," makanan ini masih dapat memiliki tempat di piring Anda, katanya.
"Jika pasta Anda dibagi dengan benar dan dipasangkan dengan sayuran yang kaya nutrisi dan protein tanpa lemak, itu bisa menjadi pilihan yang sangat sehat," kata Mangieri kepada Live Science. (Satu porsi pasta yang tepat adalah sekitar satu setengah cangkir untuk satu cangkir, tambahnya.)
Tetapi orang-orang harus berhati-hati ketika mereka menggabungkan pasta dengan barang-barang seperti saus kaya, katanya.
"Pikirkan tentang itu - berapa banyak orang yang makan pasta sendirian?" Kata Mangieri. "Jumlah kalori naik dengan cepat ketika pasta Anda ditutupi dengan saus krim dan dimakan dengan bakso lemak tinggi dan roti bawang putih."
Jadi, ketika orang makan pasta, mereka harus mengingat indeks glikemik dan jumlah kalori dari makanan lain yang mereka tambahkan, katanya.
Penemuan ini menyoroti aspek penting dari perencanaan diet, yaitu bahwa Anda tidak perlu memotong makanan favorit Anda untuk menjaga berat badan yang sehat, kata Mangieri. "Hal-hal yang baik datang ketika Anda belajar cara memakan makanan favorit Anda dengan cara yang membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, dibandingkan merampas [diri sendiri] dan merasa seolah-olah Anda sedang diet," katanya.
Meta analisis tidak didanai oleh industri pasta; namun, beberapa penulis sebelumnya menerima hibah penelitian, donasi dalam bentuk pasta untuk studi dan dukungan perjalanan dari pembuat pasta Barilla.






0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.