Sabtu, 27 Januari 2018



Pertama, temuan yang dipublikasikan Senin menemukan wanita berusia di atas 60 tahun yang mengonsumsi suplemen vitamin memiliki risiko kematian yang lebih tinggi selama studi 19 tahun jika dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi suplemen. Kemudian, sebuah penelitian yang diterbitkan Selasa (11/11) mengatakan bahwa pria yang mengkonsumsi kelebihan vitamin E berisiko tinggi terkena kanker prostat.

Penelitian menunjukkan sekitar separuh orang Amerika mengkonsumsi suplemen vitamin. Tapi seperti yang kita minum pil biasa setiap hari, apakah kita memperbaiki kesehatan kita, atau justru memperburuknya?

Para ahli mengatakan vitamin bisa bermanfaat jika dibutuhkan. Tapi banyak orang, kata mereka, kemungkinan akan terkena pil tanpa mengetahui dosis apa yang harus mereka minum.
Dari situlah timbul masalah.

"Terlalu banyak hal yang baik tidak pernah menjadi hal yang baik," kata Roberta Anding, seorang ahli gizi dan juru bicara terdaftar untuk American Dietetic Association.

"Ini adalah dosis yang menentukan apakah itu manfaat atau racun," kata Anding. Bila Anda mengonsumsi vitamin yang jauh melebihi apa yang akan Anda temukan dalam makanan "Anda beralih ke kategori obat terlarang," katanya.

Jadi haruskah kita berhenti minum vitamin? Pertama dan terutama, kita harus mencoba untuk mendapatkan kebutuhan vitamin harian kita dari makanan, kata para ahli. Kemudian, hanya jika kita memiliki kekurangan atau kebutuhan ekstra, sebaiknya kita mengonsumsi suplemen, kata Anding. Seorang dokter atau ahli gizi terdaftar dapat membantu Anda menentukan apakah Anda memerlukan suplemen dan dosis apa yang dibutuhkan.

"Anda ingin memastikan bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan, dan bukan hanya memilih nomor dari langit," kata Anding.
Tidak selalu sehat

Penelitian minggu ini bukan yang pertama mempertanyakan manfaat vitamin. Pada tahun 1994, 
sebuah penelitian penting mengenai vitamin antioksidan pada 29.000 perokok pria menemukan bahwa beta karoten meningkatkan risiko kanker paru-paru, kata Katherine Tallmadge, ahli diet terdaftar dan penulis buku "Diet Simple" (LifeLine Press, 2011).

Temuan ini mengejutkan peneliti, kata Tallmadge. Toh, diketahui bahwa orang yang mengonsumsi makanan antioksidan tinggi memiliki tingkat kanker yang lebih rendah.

Bukankah seharusnya pil bisa memberikan keuntungan yang sama seperti makanan?
Belum tentu, kata para ahli. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin yang diketahui meningkatkan kesehatan "tidak dapat ditarik keluar dari makanan, tidak dapat diisolasi untuk menciptakan manfaat yang sama," kata Tallmadge.

Mengapa ini bisa terjadi?

"Nutrisi sangat kompleks," kata Tallmadge. "Satu buah buah mungkin mengandung 150 senyawa 

bermanfaat yang berbeda."

"Bisa jadi efek sinergis dari senyawa ini, dan keseimbangan ideal dari senyawa ini, adalah yang melindungi kita dari penyakit lebih dari vitamin, mineral atau zat tertentu."

Bila kita mengkonsumsi kelebihan vitamin, kita mungkin membuang keseimbangan ini. Terlalu banyak asam folat bisa mengganggu efek vitamin B12. Dan konsumsi zat besi yang berlebihan telah dikaitkan dengan perkembangan kanker.

"Semakin banyak data menunjukkan bahwa ada bahaya untuk mengkonsumsi terlalu banyak vitamin," kata Tallmadge.
Kelebihan vitamin

Itu tidak berarti suplemen vitamin tidak pernah diperlukan. Orang dengan penyakit atau kondisi tertentu mungkin tidak dapat mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dari makanan. Wanita hamil, pasien dengan penyakit Crohn dan mereka yang menjalani operasi bypass lambung hanyalah beberapa contoh orang yang mungkin membutuhkan suplemen vitamin, kata Anding.

Tetapi mengingat bahwa orang Amerika menghabiskan $ 20 miliar per tahun untuk suplemen vitamin, kemungkinan banyak yang menganggapnya tidak membutuhkannya, kata Anding. Orang-orang ini mungkin tidak menyadari bahwa kelebihan vitamin mungkin sama buruknya dengan defisit.

"Suplemen tidak bisa menggantikan makanan sehat," kata Tallmadge. "Mereka mungkin membantu tapi mungkin juga sakit," katanya.

Tagged: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.