Minggu, 08 Juli 2018

Empat anak laki-laki telah ditarik dari gua banjir di Thailand, di mana mereka terperangkap selama dua minggu, menurut laporan berita. Delapan belas penyelam memasuki gua di Chiang Rai, Minggu pagi sekitar jam 10 pagi waktu setempat untuk membebaskan 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka.

Ambulans dan helikopter terlihat meninggalkan gua untuk membawa anak-anak itu ke rumah sakit.

Meskipun banyak yang mengatakan mereka menganggap penyelamatan selam sebagai upaya terakhir, karena anak-anak itu tidak memiliki pengalaman menyelam dan beberapa kekurangan gizi dan mengalami kelelahan dari waktu mereka di gua, hujan mulai turun di daerah itu pada hari Sabtu. Para pejabat khawatir bahwa hujan monsoon, yang diperkirakan untuk hari ini, akan membuat penyelamatan seperti itu pada dasarnya tidak mungkin.

"Jika kita tidak memulainya sekarang, kita mungkin kehilangan kesempatan," kata Chiang Rai yang bertindak sebagai Gov. Narongsak Osatanakorn, menurut laporan berita. Ketika permukaan air naik di gua, jarak yang harus ditempuh anak laki-laki untuk menyelam meningkat.

Anak-anak lelaki dan pelatih mereka mendaki ke kompleks gua Tham Luang ketika itu relatif kering, hanya untuk ditempelkan setelah hujan lebat memicu banjir bandang.

Seminggu terakhir ini, ketinggian air menurun di dalam gua, karena hujan telah menahan dan para pejabat terus memompa air keluar dari sistem gua. Dengan demikian, beberapa kantong pertama yang dibutuhkan tim untuk bergerak sekarang kering, menurut laporan oleh Washington Post, yang juga melaporkan bahwa kadar oksigen telah stabil (mereka jatuh ke tingkat yang hampir berbahaya).

"Semakin pendek jarak penyelaman, peningkatan margin keselamatan," George Veni, direktur eksekutif National Cave dan Karst Research Institute dan presiden Persatuan Speleologi Internasional, mengatakan pada Live Science. "Selain itu, lonceng udara dapat berkembang di sepanjang jalan untuk menciptakan serangkaian penyelaman dua atau lebih lebih pendek daripada satu penyelaman panjang," kata Veni, menambahkan bahwa "tingkat air yang lebih rendah berarti kekuatan air kurang.

Salah satu keprihatinan besar dengan menyelam gua adalah air yang mengalir deras yang dapat membuat penyelaman pendek berisiko bahkan untuk seorang ahli, kata Edd Sorenson, seorang koordinator regional di Florida untuk Penyelamatan dan Pemulihan Bawah Laut Internasional nirlaba. (Sorenson juga petugas keamanan untuk Bagian Diving Speleologis Masyarakat Nasional.)

Angkatan Laut Thailand mengajari tim sepak bola yang terperangkap tentang dasar-dasar menyelam gua, tetapi baru-baru ini Jumat, Gubernur Osatanakorn mengatakan anak-anak tidak dilatih secara memadai untuk melakukan penyelaman berisiko.

Tim dilaporkan bersembunyi di sebuah ruangan sekitar 2,5 mil (4 kilometer) ke dalam gua, dengan penyelam berpengalaman yang mengambil sekitar 11 jam ke atas dan kembali selama misi pengiriman selama seminggu terakhir.

"Menyelam di gua sangat berisiko; itu sangat tak kenal ampun. Jika ada yang salah, Anda tidak bisa naik ke udara," kata Veni kepada Live Science pada awal pekan ini. "Dalam keadaan darurat, Anda mungkin harus berenang di bawah air selama 10 menit dan melakukan senam bawah laut untuk melewati ruang sempit dan naik ke udara."

Veni menambahkan, "Kamu benar-benar kegelapan; pada dasarnya, kamu berenang melalui lumpur."

Masing-masing anak laki-laki akan dipasangkan dengan dua penyelam terlatih, dan akan membutuhkan setidaknya 11 jam untuk orang pertama yang dibawa keluar.

Tagged: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.