Jika Anda berpihak pada minuman atau minuman, Anda akan
menyukai hasil sebuah penelitian baru-baru ini Para periset telah menemukan
bahwa asupan alkohol "rendah" dapat membantu membersihkan otak.
teman membuat roti panggang
Peneliti menjelaskan seberapa rendah tingkat minum dapat
memperbaiki kesehatan otak. Dalam studi tikus, para ilmuwan dari University of
Rochester Medical Center (URMC) di New York menemukan bahwa minum setara dengan
sekitar 2,5 minuman beralkohol per hari dapat mengurangi peradangan otak.
Hal itu juga ditemukan untuk meningkatkan fungsi sistem
glymphatic, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan produk limbah dari otak. Namun,
paparan alkohol yang tinggi ternyata mengganggu fungsi glymphatic dan
meningkatkan peradangan otak.
Penulis utama studi Dr. Maiken Nedergaard, dari Pusat Ilmu
Kesehatan Translasional di URMC, dan rekan-rekannya baru-baru ini melaporkan
temuan mereka di jurnal Scientific Reports. Seharusnya tidak mengherankan jika
kelebihan asupan alkohol dapat membahayakan kesehatan. Faktanya,
Organisasi
Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa alkohol adalah penyumbang "lebih
dari 200 kondisi kesehatan" dan menyebabkan sekitar 3,3 juta kematian di
seluruh dunia setiap tahunnya.
Semakin, bagaimanapun, penelitian telah menyarankan bahwa
sedikit alkohol dapat membantu kita.
Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh
Medical News Today tahun lalu, misalnya, menyarankan bahwa minum sedang dapat
mengurangi risiko diabetes, sementara penelitian lain terkait dengan asupan
alkohol moderat dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Studi baru ini
memberikan bukti lebih lanjut tentang manfaat otak potensial dari minum sedang,
setelah menemukan bahwa beberapa minuman setiap hari dapat membantu
membersihkan otak dari racun.
Fungsi glymphatic membaik
Para peneliti menemukan temuan mereka dengan menilai efek
paparan alkohol akut dan kronis pada sistem tikus glymphatic.
Pertama kali dijelaskan oleh Dr. Nedergaard dan rekannya di
tahun 2012, sistem glymphatic adalah proses pembersihan otak dimana cairan
tulang belakang serebral "dipompa" ke otak, di mana ia menghilangkan
produk limbah yang berpotensi berbahaya. Produk limbah ini meliputi protein
beta-amyloid dan tau, akumulasinya merupakan ciri khas penyakit Alzheimer.
Bagaimana alkohol menyebabkan kanker?
Peneliti menjelaskan mekanisme dimana alkohol dapat
menyebabkan kanker. Para periset menemukan bahwa ketika hewan pengerat terkena
dosis tinggi alkohol dalam waktu lama, mereka menunjukkan peningkatan penanda
inflamasi. Hal ini terutama terlihat pada astrosit, atau sel yang membantu
mengendalikan fungsi glymphatic. Selain itu, paparan alkohol tinggi ditemukan
mengganggu fungsi kognitif dan kemampuan motorik pada tikus.
Namun, tim menemukan bahwa tikus yang diberi
"rendah" dosis alkohol - yang, dalam studi ini, setara dengan
mengkonsumsi sekitar 2,5 minuman alkohol per hari - tidak hanya menunjukkan
pengurangan peradangan otak, namun fungsi glymphatic mereka juga membaik,
dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak terpapar alkohol.
"Data tentang efek alkohol pada sistem
glymphatic," jelas Dr. Nedergaard, "tampaknya sesuai dengan model
berbentuk J yang berkaitan dengan efek dosis alkohol terhadap kesehatan umum
dan kematian, dimana dosis rendah alkohol bermanfaat, sementara berlebihan. Konsumsi
sangat merugikan kesehatan secara keseluruhan. "






0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.